USAHA PENGGEMUKAN ITIK JANTAN

Prospek bisnis daging itik menjadi primadona pada saat ini. Meski ternak itik telah mendarahdaging bagi sebagian masyarakat kita, namun saat ini permintaan daging itik semakin meningkat. Sehingga peluang bisnis penggemukan itik ini cukup bagus untuk ditekuni. Disamping itu kondisi wilayah Indonesia cukup sesuai untuk pengembangan sektor agrobisnisyang satu ini. Itik jantan yang dihasilkan pada penetasan telur itik biasanya dihargai sangat murah, karena kecenderungan ternak itik adalah untuk itik petelur, sehingga bisnis penggemukan itikjantan ini relatif memerlukan modal yang kecil. Selain diperolehdari ternak itik jantan, kebutuhan daging itik juga banyak disuplai dari ternak bebek peking .
Tata Laksana PenggemukanItik Jantan
Dalam bisnis penggemukan itik jantan , cara yang efektif adalah dengan sistem pemeliharaan secara intensif. Cara ini menggunakan metode itik dikandangkan dan diberi pakan sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan. Dalam penggemukan itik jantan ini diperlukan waktu 3 bulan mulai dari anak itik umur sehari sampaiitik sudah tumbuh bulu secara lengkap dengan berat badan mencapai 1,6 kg.
Sebelum memulai bisnis penggemukan itik jantan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain:
1. Pemanasan
*. Itik yang baru menetas belum mempunyai bulu yang sempurna, belum dapat mengatur suhu tubuhnya, perludibantu dengan memberikan pemanasan
*. Pemanasan dapat dilakukan dengan lampu minyak tanah/listrik yang diletakan dalam kandang indukan hingga anak itik merasa hangat
*. Besarnya panas dari cuaca danlamanya pemanasan tergantung dari cuaca setempat, biasanyapemberian pemanasan 2-3 minggu dengan suhu berkissar 30-32º C pada minggu kedua, seterusnya suhusemakin menurun seiring bertambahnya bulu
*. Cara untuk mengetahui apakahpanas sudah cukup atau tidak adalah dengan melihat tingkah laku itik. Bila itik menyebar menjauh dari sumber panas berarti terlalu panas. Bila itik mengumpul dekat sumber panas, berarti masih terlalu dingin. Bila itik menyebar dengan baik, berarti panas sudah cukup.
2. Luas kandang
Bila luas kandang tidak mencukupi, maka kandang akan becek dan mungkin anak itik akan saling menginjak-injak ukuran luas kandang yang perlu disediakan :
*. Umur 0 – 4 minggu, ukuran kandang untuk 100 ekor adalah 4 m2
*. Umur 4 -8 minggu, ukuran kandang untuk 100 ekor adalah 9 m2
*. Umur lebih dari 8 minggu untuk100 ekor adalah 16 m2
*. Pemberian alas kandang dari sekam kering atau serbuk gergaji akan sangat membantumempertahankan kekeringan kandang
3. Pakan Itik
Biaya pakan merupakan biaya terbesar dalam usaha penggemukan yaitu mencapai 51,6% dari total biaya produksi. Pembelian pakan harus diusahakan seefisien mungkin tetapi memenuhi gizi dan jumlah pakan yang dibutuhkan.

Silakan berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s