POLA KEMITRAAN UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN BISNIS

Bisnis ternak ayam broiler atau ayam pedaging merupakan bisnis yang cukup banyak dilakukan oleh peternak diIndonesia. Namun harga pakan yang semakin melambung dan harga pasar yang fluktuatif membuat nasib peternak tidak kunjung membaik, terlebih bagi peternak bermodal keci. Belum lagihantaman penyebaran virus flu brurung yang kian memperparah keadaan. Salah satu cara beternak yang dipandang mampu mengatasi hal tersebut adalah pola kemitraan.
Selama ini dalam bisnis ternak ayam pedgingh dikenal ada tiga tipe peternak ayam pedaging , yaitu kemitraan, mandiri, dan komersial farm . Yang terakhir dimiliki pabrikan (industri). Pelaksana kemitraan (inti) adalah industri seperti gGrup Japfa, Charoen Pokphand (CP), CJ Feed, Sierad Produce, Wonokoyo, poultry shop (PS), maupun pribadipemilik modal besar.
Peternak mandiri adalah mereka yang membeli sapronak dari pabrikan dan menjual hasil panen sendiri sehingga untung maupun rugi ditanggung sendiri. Jika modalusaha ternak ini kecil, saat mengalami kerugian akan kesulitan memulai usaha lagi.
Peternak kemitraan tidak membeli sapronak dan tidak memasarkan hasil panen sendiri. Mereka memperoleh penghasilan atas dasar kesepakatan dengan inti.
Sistem kemitraan pada ayam broiler cenderung meminimalisir resiko kerugian yang akan ditanggung oleh peternak. Akibat dari beragam faktor yang mungkin akan menyebabkan usaha itu merugi. Dengan sistem itu, peternak tak dapat mendapat keuntungan yang berlebih saat harga jual ayam melonjak tinggi, seperti yang didapat oleh peternak mandiri.
Jika anda ingin merintis usaha dalam ternak broiler namun masihtakut resiko, tidak ada salahnya untuk menimbang pola kemitraan ini.

Silakan berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s