MEDIA ONLINE : Meningkatkan Kinerja Pemasaran

Penetrasi internet telah demikian pesat memasuki setiap segmen masyarakat. Imbas media yang satu ini telah mengubah pula pola hidup dan interaksi masyarakat. Dalam hal berbelanja dan mencari barang-barang yang diperlukan tidak lepas dari pengaruh media online.Belum lagi aplikasi-aplikasi mobile yang kian berkembang turut mendukung pula gaya hidup dengan media online. Lingkungan bisnis dan strategi pemasaran mau tidak mau harus memanfatkan media online . Perubahan atau saling melengkapi antara strategi pemasaran online dan offline memiliki peran yang cukup significant bagi bisnis.
Jumlah pengguna Internet yang semakin besar memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk menjaring pelanggan melalui media online. Pilihan mediaonline sebagai sarana pemasaranmemiliki beberapa keunggulan diantaranya biaya yang murah dan jangkauan yang sangat luas.
Namun demikian strategi pemasaran melalui media online ini tidak serta merta memberikan hasil yang efektif. Perlu dilakukan dengan sunggguh-sungguh dan evaluasi secara terukur terhadap hasilnya.
Beberapa strategi pemasaran online yang bisa dilakukan adalah melalui email, forum dan website sendiri. Bisnis online melalui media website harus diperhatikan detail informasi produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu desain harus menarik dan mudahdalam navigasinya. Dalam hal pembayaran harus disesuaikan dengan karakter masyararakat Indonesia yaitu cash on delivery dan transfer.
Selain hal-hal di atas dalam bisnisonline, faktor kepercayaan dan keyakinan pembeli sangat diperlukan. Mengingat dalam bisnis online antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Juga barang yang dijual belum dilihat secara langsung oleh pembeli. Untuk mendukung hal ini perlu dicantumkan contact support seperti nama, alamat, email, yahoo messenger, telepon dan lain-lain. Ini penting jika ada hal-hal yang perlu diperjelas darikatalog web yang ada.
Hal penting lagi yang perlu diperhatikan adalah kesederhanaan proses transaksi.Pembeli melalui internet cenderung tidak suka pada hal yang berbelit-belit dan repot. Buatlah seluruh proses sesederhana mungkin.
Mengubah strategi pemasaran melalui media online pada intinya adalah menyederhanakan prosesdan membuat proses transaksi bisnis menjadi lebih efisien. Maka dalam beralih pada media online buatlah segalanya menjadi lebih mudah.

Silakan berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s