MENGEVALUASI KINERJA PENJUALAN

Dalam memasarkan produk memberikan target penjualan barang atau jasa merupakan langkah yang penting. Tidak hanya memberikan motivasi untuk bertindak target penjualan juga menjadi pedoman dan evaluasi kinerja staff penjualan. Jika belum maksimal bisa dibenahi untuk mencapai target penjualan yang telah digariskan. Memang tidak ada aturan baku dalam menetapkan target penjualan. Target penjualan bisa disesuaikan dengan kondisi anda, keuangan, ketarampilan tenaga penjualan dan lain sebagainya.
Siklus Penjualan
Di dalam proses penjualan barang dan jasa, selalu melalui siklus penjualan yang selalu berulang. Dalam setiap bisnis mungkin siklusnya berbeda namun secara garis besar siklus penjualan dapat digambarkan sebagai berikut:
*. Pendahuluan atau menghubungicalon pembeli/pelanggan
*. Pendekatan dan pembicaraan
*. Membuat Janji
*. Demonstrasi produk
*. Mengajukan proposal/penawaran
*. Penjualan tertutup
Meskipun siklus perusahaan Andamungkin memiliki langkah yang berbeda dari contoh di atas,namun anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk menciptakan target penjualan dan mengevaluasi kinerja pemasaran.
Menetapkan Target Penjualan
Tuliskan apa yang Anda pikirkan mengenai siklus penjualan Anda. Berbicaralah kepada semua staffdalam dengan berulang-ulang untuk melihat apakah pemikiran Anda sesuai cara pandang oranglain dalam melihat siklus penjualan.
Tetapkan frekuensi berapa kali misalnya staff penjualan menghubungi calon pembeli dalamsatu bulan, berapa kali mengadakan pertemuan dan seterusnya hingga akhirnya berapa yang berakhir dengan transaksi yang menguntungkan.
Setelah ini berjalan beberapa minggu/bulan dapat dievaluasi masing-masing kinerja staff pemasaran. Setelah itu bisa dicari jalan keluar bagaimana meningkatkan kinerja bidang pemasaran.

Silakan berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s