MEMBUAT PARA PELANGGAN TETAP SETIA

Pelanggan adalah sumber kehidupan bagi kelangsungan bisnis kita. Mencari pelanggan bagi produk kita bukanlah hal yang gampang, karena berkaitan dengan banyak hal misalnya sajakepuasan, harga, fungsi dan lain sebagainya. Maka mempertahankan pelangganlama agar tetap setia dengan prosuk kita menjadi hal yang penting. Membuat pelanggan tetap setia buka hanya persoalan kualitas produktetapi juga kualitas layanan.
Untuk membuat pelanggan tetap setia menggunakan produk dan layanan kita, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:
1. Jangan Berasumsi
Seringkali kita beranggapan bahwa kita tahu apa yang pelanggan pikirkan, namun seringkali yang anggapan kita itukeliru. Maka berfikirlah mengenaipelanggan sesuai dengan data dan fakta bukan asumsi kita. Dengarkan masukan dan lakukantest kecil untuk memahami pelanggan anda.
2. Selalu Memberikan
Selalu memberikan segala sesuatu yang diperlukan oleh pelanggan merupakan hal positif yang bisa membuat pelanggan tetap setia. Misalnya meluangkanwaktu, memberikan informasi, memberikan kejelasan waktu menyelesaikan masalah jika ada masalah bahkan informasi mengenai surat menyurat.
3. Membuat Program Untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan
Banyak program bisa dilakukan untuk membuat pelanggan tetapsetia, misalnya saja bonus, hadiah dan lain sebagainya. Sesuaikan program dengan kondisi dan situasi.
4. Pelatihan Untuk Staff
Setiap kontak dengan pelanggandengan staff anda adalah kesempatan untuk membangun reputasi perusahaan atau menghancurkannya. Karena itu penting untuk memberikan sesi pelatihan berkala untuk membantu staff Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan reputasi perusahaan Anda.
5. Ucapkan “Terima kasih.”
Ucapan terimakasih merupakan hal sederhana namun dapat membuat dampak dan mengatakan banyak tentang perusahaan Anda dan nilai Anda tempatkan pada pelanggan.
6. Tetap Menjalin Hubungan
Menjalin hubungan denga pelanggan merupakan hal yang cukup penting, meski hubungan itu tidak semata-mata berkaitandengan produk. Anda bisa menjalin hubungan untuk memberikan edukasi dan tukar pengalaman tanpa harus mendorong untuk menggunakan prosuk. Tetap menjalin hubunganbisa dilakukan dengan banyak hal misalnya saja telepon, email, media social dan lain-lain.
7. Berikan Layanan VIP
Terkadang kita terlalu fokus memperhatikan pelanggan baru karena berharap akan potensinya, namun jangan lupa memperhatikan pelanggan lama yang tetap setia. Berikan tawaran program-program loyalitas eksklusif, penawaran spesial, diskon dan lain-lain ditujukan khusus untuk pelanggan Anda terbaik dan paling setia.
Membuat pelanggan lama tetap setia merupakan hal sederhana namun penting dan terkadang dilupakan. Jika dengan membuat pelanggan lamatetap setia bisa meningkatkan penjualan produk kita, mengapa harus susah-susah mengejar pelanggan baru yang belum tentu akan setia?

Silakan berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s